Ikuti Kami di :            

Pascasarjana

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Dosen INSURI Raih Gelar Doktor Ilmu Pendidikan di UNS

November, 30 2019 10:49
Dosen INSURI Raih Gelar Doktor Ilmu Pendidikan di UNS
Oleh Humas INSURI Po

Surakarta (28/11) Nurul Malikah, Dosen Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo berhasil mempertahankan disertasi yang ditulisnya selama dua jam di hadapan para penguji. Ujian terbuka promosi doktor berlangsung di lantai VI Gedung Pascasarjana Universitas Sebelas Maret mulai pukul 13.00 s.d 15.00 WIB. Setelah dua jam ujian terbuka berlangsung, promovendus berhasil menggondol gelar doktor bidang ilmu Pendidikan dengan predikat sangat memuaskan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, promotor sekaligus ketua sidang Prof. Dr. H. M. Furqon Hidayatulullah, M.Pd, Co- Promotor I sekaligus yang merangkap sekretaris sidang Prof. Dr. Sri Anitah, M.Pd, Co- Promotor II Dr. Asrowi, M.Pd, empat dewan penguji, civitas akademika INSURI Ponorogo, dan keluarga besar promovendus.

Dosen yang juga mengajar di Pascasarjana INSURI ini menulis penelitian dengan judul "Pengembangan Model Pembelajaran Kerjasama Inside-Outside dalam Pembelajaran Menghafal Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Ponorogo"

Penelitian Research dan Development yang ditulis Editor In-Chief Jurnal Qalamuna PPs INSURI ini menghasilkan; 1) kegiatan pembelajaran menghafal hadis di Ponorogo berlangsung sesuai dengan RPP yang telah dirancang, 2) model pembelajaran kerjasama menghafal hadis memiliki langkah-langkah yang sederhana yakni, seeing, relating, asosiating, defending, and goals (SRAD Go), 3) model pembelajaran kerjasama menghafal hadis memiliki beberapa komponen yakni buku model pembelajaran kerjasama menghafal hadis buku guru.

Kemudian, implikasi dari penelitian ini menyebut, 1) pembelajaran hadis merupakan pembelajaran yang disukai siswa, akan tetapi siswa kesulitan mendapatkan nilai yang baik, dan model ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadis yang lebih baik, 2) pembelajaran hadis cenderung dilakukan dengan model individu, kompetitif, dan tidak mau membantu teman menghafal, 3) model pembelajaran kerjasama menghafal hadis mampu meningkatkan karakter kerjasama. Dengan diraihnya gelar doktor ini, kini telah menambah jajaran doktor di lingkungan INSURI.