Ikuti Kami di :            

Pascasarjana

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Profil

April, 09 2021 16:04
Oleh Humas INSURI Po

 

PROFIL

PASCASARJANA

INSURI PONOROGO MAGISTER

Pendidikan Agama Islam

 

DAFTAR ISI

 

 

BAB I         PENDAHULUAN

  1. Program Pascasarjana INSURI
  2. Riwayat Program Pascasarjana Insuri
  3. Dasar Penyelenggaraan Program Pascasarjana

 

 

BAB II            VISI, MISI, KOMPETENSI, MANFAAT DAN PROFIL PROGRAM

  1. Visi Program Pascasarjana
  2. Misi Program Pascasarjana
  3. Tujuan Pendidikan Program Pascasarjana
  4. Kompetensi Lulusan
  5. Manfaat Program
  6. Profil Program

 

 

BAB III          KELEMBAGAAN

  1. Status dan Kedudukan
  2. Struktur Organisasi
  3. Kerja Sama

 

 

BAB IV          PERSONALIA

  1. Pengelola Program Pascasarjana
  2. Tata Kerja Penyelenggaraan Program Pascasarjana
  3. Dosen
  4. Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (Kabag AAK)
  5. Kapala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan (Kabag AUK)
  6. Kepala Perpustakaan

 

BAB I PENDAHULUAN

 

  1. Program Pascasarjana INSURI

Program Pascasarjana (PPs) INSURI menyelenggarakan program pendidikan tinggi lanjutan di atas pendidikan program sarjana strata satu (S1) dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan keahlian dan kemampuan akademik dibidang Pendidikan Islam yang lebih dalam dan luas. Lulusan program pascasarjana INSURI dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli di bidang pengelola, pengembang, peneliti dan pengawasan kependidikan Islam.

Program Pendidikan pascasarjana INSURI merupakan program pendidikan yang tak terbatas pada satu bidang pengetahuan terutama kependidikan tetapi merupakan program pendidikan perpaduan dari beberapa bidang pengetahuan kependidikan. Sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan, setiap peserta program Pendidikan Islam Pascasarjana INSURI tidak terlepas dari keharusan melaksanakan penelitian dan pengkajian dalam bidang- bidang ilmu lainnya sesuai dengan pilihann. Program ini bermaksud menyelenggarakan pendidikan jenjang program Megister Pendidikan Islam, yang memberi hak kepada lulusannya menyandanggelar Megister Pendidikan Islam (M.Pd.).

 

  1. Riwayat Program Pascasarjana Insuri

Landasan filosofis didirikannya Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam di Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo yaitu menyadari kebutuhan sumberdaya manusia yang berkualitas, kompetitif dan profesional di lingkungan lembaga pendidikan Islam. Madrasah, Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam, sangat memerlukan para Sarjana Manajemen Pendidikan Islam yang memiliki wawasan keilmuwan Manajemen Pendidikan Islam yang humanis-inklusif yang mampu menjadi penggerak, pengembang, peneliti, dalam bidangnya, serta mampu memecahkan persoalan-persoalan pendidikan dalam teori mapun

praktek.

Menyadari hal tersebut di atas, maka pada awal tahun 2003, Hari ahad, 01 Januari 2003, Drs. H. Imam Sayuti Farid, SH.M.Si. sebagai Rektor Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo mulai menyelenggarakan pertemuan-pertemuan secara intensif. Dari hasil pertemuan tersebut, Forum merekomendasikan kepada Pimpinan INSURI Ponorogo untuk

 

membuat keputusan tentang adanya TIM Pengembang Pendidikan Tinggi Sunan Giri Ponorogo.

Dari rekomendasi tersebut, Rektor Institut Agama Islam Sunan Giri menerbitkan Surat Keputusan Nomor : 125/413/SK/III/2003 tanggal 10 Maret 2003 tentang susunan pengurus Tim Pengembang Pendidikan Tinggi Sunan Giri.

Adapun susunan pengurus sebagai berikut:

    1. Drs. H.I. Sayuti Farid, SH.M.Si              : Penanggungjawab
    2. Drs. H. Widodo Suwadi, M.M                : Ketua
    3. Drs. Ahmadi Bardan, M.Ag                    : Sekretaris
    4. Drs. Moh. Khusnurridlo, M.Pd                : Pengembang Pascasarjana
    5. Drs. Moh. Ali Mudlofir, MA                   : Anggota
    6. Dra. Hj.S. Maryam Yusuf, M.Ag            : Anggota
    7. Drs. Ec. Moh. Ahsanuddin.                     : Pengembang Jurusan Umum
    8. Drs. Meseri, M.Ag                                   : Anggota
    9. Imam Husnussairi, ST                              : Anggota
    10. Drs. Hari Subagyo.                                  : Anggota

Tim pengembang melakukan pertemuan-pertemuan (Sarasehan, Curah Pendapat, Diskusi dan temu pakar) secara intensif untuk melakukan terobosan-terobosan dalam rangka mengembangkan perguruan tinggi Sunan Giri Ponorogo. Akhirnya, Tim pengembang merumuskan bahwa sangat diperlukan didirikannya sebuah Program Magister Manajemen Pendidikan Islam di INSURI Ponorogo. Dan selanjutnya Tim khusus merancang Penyusunan Proposal Permohonan Izin Operasional Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam dan menyampaikan ke Direktur Jendral Kelembagaan Islam (Dirgen Bagais) Depag RI di Jakarta.

Dalam merespon proposal tersebut, maka tepatnya hari Sabtu tanggal 11 September 2004, Tim visitasi dari Depag Pusat dan Kopertais Wilayah IV Surabaya :

  1. Dr. H. Nur Shomad Hamba, M.A (Tim dari Depag Pusat)
  2. Drs. H. Nifasri, M.Pd (Tim dari Depag Pusat)
  3. Prof. Dr. H. Ridwan Nasyir, M.A (Tim dari Kopertais Wil.IV)
  4. Prof. Dr. H. Nursyam, M.Si (Tim dari Kopertais Wil.IV)

Tim visitasi tersebut melakukan peninjauan secara dekat lokasi penyelenggaraan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam di INSURI Ponorogo yang beralamat jalan Batoro Katong nomor 32 Ponorogo Jawa Timur dan melakukan komunikasi intensif dengan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi “Batoro Katong”, Pimpinan INSURI Ponorogo dan Pimpinan

 

Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Insuri Ponorogo, serta memperhatikan Hasil Presentasi Proposal Pendirian Program Megister oleh Tim Pascasarjana, maka Tim Visitasi memberikan saran-saran untuk penyempurnaan proposal.

Revisi Proposal Pemohonan Izin Penyelenggaraan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Insuri Ponorogo dikirim lebih lanjut yaitu tanggal 20 September 2004 Nomor 98/YPTBK/IX/2004 ke Dirjen. Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI. Cq. Ditperta Islam Depag RI. Di Jakarta. Dan selanjutnya, Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam Depag RI. Menerbitkan Surat Keputusan Izin penyelenggaraan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo tanggal 29 )ktober2004 Nomor: DJ.II/399/2004. Kemudian Rektor memandang perlu mengangkat personalia dalam menjalankan pelaksanaan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo. Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor: 178/4.13/SK/K/VII/03 pada tanggal 14 Juli 2003 mengangkat jajaran pimpinan dengan susunan sebagai berikut:

  1. DR. HM. Suyudi, M.Ag sebagai Direktur
  2. Drs. Ahmadi, M.Ag sebagai Asisten Direktur I
  3. Drs. Miseri, M.Ag sebagai Asisten Direktur II

Untuk selanjutnya pada tanggal 1 September 2004 terbit SK Rektor Nomor: 083/4.13/SK/IX/2004, dengan keputusan pengakatan pengelolaan sebagai berikut;

  1. DR. HM. Suyudi, M.Ag sebagai Direktur
  2. Drs. H. Widodo Suwadi, M.M sebagai Asisten Direktur I
  3. Drs. Ahmadi, M.Ag sebagai Ketua Program Studi
  4. Drs. Moh. Junaidi sebagai Kabag AAK
  5. Atin Hasanah, S.PD.Isebagai Kabag AOK
  6. Tajul Mujahiddin, S.Ag sebagai Kepala Perpustakaan.

Dan terbit SK Rektor Nomor: 046/413/SK/III/2006 tanggal 27 Maret 2006 yang mengangkat saudara Asnawi, S.Ag sebagai karyawan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo. Dan yang terakhir terbit SK Rektor Nomor: 016/413/SK/K/II/07 tertanggal 1 Februari 2007 dengan susunan sebagai berikut:

  1. Muhammad Asvin Abdur Rohman, S.Pd.I sebagai Kabag AAK
  2. Luluk Yunan Ruhaeni, M.Pd.I sebagai Kabag AUK
  3. Syifa’ul Fuad, S.Pd.I sebagai Kepala Perpustakaan

 

Pengelola Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo. Sebagai berikut;

  1. DR. HM. Suyudi, M.Ag sebagai Direktur
  2. Drs. Ahmadi Bardan, M.Ag sebagai Ketua Program Studi
  3. Muhammad Asvin Abdur Rohman, S.Pd.I sebagai Kabag AAK
  4. Luluk Yunan Ruhaeni, M.Pd.I sebagai Kabag AOK
  5. Moh. Hazim Ahrovi, M.Pd.I sebagai Staf

 

 

  1. Dasar Penyelenggaraan Program Pascasarjana

Dasar penyelenggara Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo yaitu:

  1. Surat Keputusan Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia Tanggal 29 Oktober 2004 Nomor : DJ.II/399/2004 tentang Izin Penyelenggaraan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo.
  2. Surat Keputusan Rektor Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo Nomor : 083/4.13/SK/IX/2004 tanggal 1 September 2004. Tentang pengelola Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo.
  3. Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI tanggal 15 November 2007 Nomor : DJ.I/445/2007 tentang perpanjangan dan perubahan Program Study Manajeman Pendidikan Islam menjadi Pendidikan Islam.

 

BAB II

VISI, MISI, KOMPETENSI, MANFAAT DAN PROFIL PROGRAM

 

  1. Visi Program Pascasarjana

Visi PPs adalah Pusat pengkajian, pengembangan dan penyebar luasan pendidikan agama Islam berbasis nilai Ahlussunah wal Jama’ah an Nahdliyah 2027

 

  1. Misi Program Pascasarjana
  1. Melaksanakan proses pembelajaran dibidang Pendidikan Islam secara profesional, kompetitif dan marketeble.
  2. Melaksanakan pengembangan profesi dibidang Pendidikan Islam.
  3. Mengembangkan kepekaan dan kepedulian terhadap pertumbuhan dan perkembangan dunia Pendidikan Islam.

 

G. Tujuan Pendidikan Program Pascasarjana

  1. Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Islam yang memiliki wawasan keilmuan Pendidikan Islam yang humanis-inklusif dan mampu menjadi penggerak, pengembang, peneliti dalam bidangnya serta mampu memecahkan persoalan-persoalan pendidikan dalam teori dan praktek.
  2. Memiliki kemampuan metodologis serta mampu mengembangkan dan mengaktualisasikan diri dalam komunitas lokal maupun nasional.

 

H. Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan Program Megister ini :

  1. Menguasai teori-teori dan praktek Pendidikan Islam
  2. Memiliki kecakapan untuk mengembangkan Pendidikan Islam baik pada aspek teoritis maupun praktis.
  3. Memiliki sikap kecendikiawanan dan integritas keilmuan (jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, inklusif-humanis, demokratis, religius dan dialogis) di tengah-tengah masyarakat ilmuwan.
  4. Memiliki kemampuan mengaktualisasikan dirinya dalam forum-forum ilmiah dan pada masyarakat.
  5. Memiliki skil meneliti masalah-masalah yang terkait dengan Pendidikan Islam

 

  1. Manfaat Program
  1. Dari sumber daya manusia, lulusan program Megister Pendidikan Islam memiliki wewenang mengajar program sarjana strata satu ke bawah.
  2. Tersedianya tenaga profesi dan pelayanan informasi dan konsultan pengembangan manajemen Pendidikan Islam.
  3. Memiliki kualifikasi untuk melanjutkan ke jangjang S3.
  4. Terpenuhinya kekurangan dosen di PTS/PTN yang berkualifikasi S3.
  5. Terpenuhinya calon pengelola-pengelola satuan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan.

 

  1. Profil Program

 

1

Program

Magister

2

Program Studi

Pendidikan Islam

3

Profesi Lulusan

  1. Tenaga Pengajar di Pendidikan Tinggi
  2. Pengelola Satuan-satuan Pendidikan

4

Executive Profesi

  1. Praktisi Pendidikan
  2. Peneliti dan Penulis Kependidikan
  3. Konsultan Kependidikan
  4. Nara Sumber (Presenter) pada Workshop, Semi Loka,

Loka Karya, Diskusi Panel, Seminar dan Diklat Kependidikan

5

Kompetensi Lulusan

  1. Menguasai Teori-Teori Dan Praktek Pendidikan Islam.
  2. Memiliki Kecakapan Untuk Mengembangkan Manajemen Pendidikan Islam Baik Pada Aspek Teoritis Maupun Praktis.
  3. Memiliki Sifat Kecendikiawanandan Integritas Keilmuan (Jujur, Amanah, Adil, Bertanggungjawab, Inklusif-Humanis, Demikratis, Religius Dan Dialogis) Di Tengah-Tengah Masyarakat Ilmuan.
  4. Memiliki kemampuan mengaktualisasikan dirinya

dalam forum ilmiah dan pada masyarakat.

 

 

 

5. Memiliki skil meneliti masalah-masalah yangterkait

dengan Pendidikan Islam.

6

Indikasi

  1. Mengamati, mengenali dan melakukan pendekatan terhadap masalah-masalah serta mencari pemecahannya secara ilmiah.
  2. Melakukan perubahan-perubahan pendidikan sesuai perubahan dan perkembangan zaman.
  3. Mengadakan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan.
  4. Memimpin dan mengelola satuan-satuan pendidikansecara professional
  5. Melakukan pendampingan dan konsultasi terhadap

pengembangan pendidikan Islam

7

Proses          Integrasi

dalam                       Stategi Pencapaian Kompetensi Lulusan

  1. Teaching-Learning Process
  2. Individual Assignment
  3. Students Active Learning
  4. Guided Assignment
  5. Seminar

8

Proses          Integrasi

dalam                     Strategi Pencapaian Executive Profesi

  1. Teaching-Learning Process
  2. Individual Assignment
  3. Students Active Learning
  4. Guided Assignment
  5. Both De-constuction and Re-construction of School Laboratory
  6. Training Of Trainer (TOT Kependidikan)

9

Desain Kurikulum

  1. Kompetensi
    1. Utama 30 SKS/ 72 %
    2. Penunjang 12 SKS/ 28 %
  2. Kelompok Kompetensi
    1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 6 Sks/ 14 %
    2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) 11

Sks/ 25.6 %

 

 

 

  1. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) 20 Sks/ 46.5

%

  1. Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB) 3 SKS/ 7%
  2. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 3 Sks/ 7 %

10

Gelar

M.Pd.I

 

 

 

 

 

 

 

  1. Status dan Kedudukan
 

BAB III KELEMBAGAAN

 

Lembaga ini diberi nama Program Pascasarjana Pendidikan Islam. Adapun status Program Pascasarjana adalah bagian dari Unit Pendidikan di Institut Agama Islam Sunan Giri(INSURI) ponorogo yang telah mendapat izin dari Dirjen Kelembagaan Agama Islam Nomor : Dj. II/399/2004, tanggal 29 Oktober2004 dan Nomor Dj. I/445/2007 tanggal 25 November 2007.

 

  1. Struktur Organisasi

Stuktur organisai Pascasarjana INSURI Ponorogo terdiri atas unsur-unsur berikut :

    1. Direktur yang dibantu oleh Asisten Direktur;
    2. Ketua Program Studi dibantu oleh Sekretaris;
    3. Kabag Adm. Akademik dan Kemahasiswaan;
    4. Kabag Adm. Umum dan Keuangan;
    5. Kepala Laboraturium LP3TIK dan perpustakaan pascasarjana;
    6. Pendidik atau dosen;
    7. Pegawai administrasi yang menangani ketatausahaan;
    8. Mahasiswa sebagai pihak yang dididik;
    9. Senat Program Pascasarjana dengan anggota:
      1. Direktur sebagai Ketua senat
      2. Asisten Direktur sebagai Sekretaris senat
      3. Ketua Program Studi
      4. 2 orang Dosen sabagai Anggota
    10. Forum mahasiswa Pascasarjana (Forum Wacana) sebagai suatu badan yang berkewajiban memberikan masukan positif untuk memajukan Program Pascasarjana.
    11. Bagan struktur organisasi Proogram Pascasarjana INSURI Ponorogo adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kabag AAK

 

 

 

Kaperpustakaan

       

 

 

 

 

 

  1. Rektor

    Direktur

    Asisten Direktur

    Kaprodi

    Sekretaris Prodi

    Dosen

    Kabag AUK

    Mahasiswa

    Kerja Sama

Program Pascasarjana mengadakan kerja sama ke luar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kerja sama yang dilakukan dapatberupa hal-hal berikut:

    1. Pendanaan penyelenggaraan pendidikan;
    2. Pertukaran tenaga pengajar atau dosen;
    3. Penelitian dan pertukaran produk penelitian atau jurnal ilmiah;
    4. Inovasi atau pengembangan program;
    5. Forum komunikasi antar Program Pascasarjana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

 

PERSONALIA

 

 

  1. Pengelola Program Pascasarjana

Pengelola Program Pascasarjana INSURI Ponorogo yaitu :

  1. Direktur                                      : DR. HM. Suyudi, M.Ag
  2. Asisten Direktur                         : Drs. H. Widodo Suwadi, M.M
  3. Ketua Program Studi                  : Drs. Ahmadi Bardan, M.Ag
  4. Sekretaris Program Studi            : Muhammad Asvin Abdur Rohman, S.Pd.I
  5. Kabag AOK                               : Luluk Yunan Ruhaeni, M.Pd.I
  6. Kabag AAK                               : Muhammad Asvin Abdur Rohman, S.Pd.I
  7. Kepala Perpustakaan                  : Syifa’ul Fuad, S.Pd.I

 

 

  1. Tata Kerja Penyelenggaraan Program Pascasarjana

Penyelenggara Program Pascasarjana INSURI Ponorogo terdiri atas :

  1. Direkturberkedudukan sebagai manajer dan sekaligus sebagai supervisor PPs yang mencakup semua Program Studi, bertangguang jawab kepada Rektor.
  2. Asisten Direktur adalah Staf Direktur, yang berkewajiban membantu Direktur dalam bidang akademik dan kemahasiswaan keuangan, kepegawaian, dan kerja sama.
  3. Ketua Program Study berkeduduksn sebagai manajer dan sekaligus supervisor pada proogram studi yang dipimpinnya dan bertanggung jawab kepada Direktur.
  4. Sekretaris Program Studi adalah staf Ketua Program Studi yang berkewajiban membantu Ketua program Studi.